Kartu Pra Kerja

Posted on

Aplikasi Kartu Pra Kerja – Pemerintah akhirnya telah meluncurkan kartu pra kerja pada bulan april 2020. Kartu pra kerja ini merupakan program pemerintah yang bertujuan agar bisa mengembangkan kopetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK atau untuk para pekerja yang membutuhkan peningkatan keahlian dan kompetensi.

Selain itu pemerintah juga secara resmi sudah membuka pendaftaran kartu pra kerja. Pendaftaran kartu pra kerja ini bisa dilakukan secara online melalui website resmi pendaftaran kartu pra kerja. Nah ditengah pandemik covid-19 kita tetap bisa di rumah aja untuk daftar kartu pra kerja.

Kartu pra kerja yang duluncurkan pemerintah pusat ini juga bertujuan agar bisa membantu untuk mengurangi dampak ekonomi akibat darurat virus corona. Seperti yang kita ketahui pasca virus corona mewabah di negara kita dan seluruh dunia, terjadi dampak yang sangat besar di sektor ekonomi.

Banyak perusahaan yang bangkrut dan terjadi PHK masal yang disebabkan perusahaan sudah tidak bisa lagi membiayai operasional perusahaannya. Pemerintah berharap melalui kartu pra kerja ini bisa mengembangkan kopetensi kerja bagi para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, atau pekerja yang ingin meningkatkan keahliannya.

Lantas bagaimana cara daftar kartu pra kerja agar bisa mendapatkan kartu pra kerja? Nah bagi sobat yang ingin mendaftar kartu pra kerja silahkan simak informasi selengkapnya berikut ini.

Apa Itu Kartu Pra Kerja?

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Dengan adanya kartu pra kerja ini di harapkan masyarakat Indonesia bisa meningkatkan kemampuannya dan keahlian kerjanya agar bisa membangun ekonimo indonesia.

Baca Juga:  4 Cara Downgrade MIUI (11, 10 ke 9, 9 ke 8,7) Tanpa PC

Karti pra kerja yang didesain sebagai sebuah produk, program pra kerja ini dikemas sedemikian rupa yang bertujuan agar bisa memberikan nilai tambahan bagi penggunanya dan juga bisa memberikan nilai bagi sektor swasta.

Untuk Siapa Kartu Prakerja?

Kartu Pra kerja bukan hanya untuk para pencari kerja saja, tapi untuk buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar.

Aplikasi Kartu Pra Kerja

Hingga artikel ini di terbitkan aplikasi prakerja belum belum diterbitakan oleh pemerintah. Namun pemerintah sudah mewacanakan bahwa kedepannya peserta yang ingin mendartarkan kartu pra kerja bisa dilakukan melalui aplikasi. Namun untuk saat ini untuk daftar kartu pra kerja hanya bisa dilakukan melalui website prakerja.go.id

Syarat Kartu Pra Kerja

Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan kartu pra kerja. Nah berikut syarat krtu pra kerja.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun saat mendaftar kartu pra kerja
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Lulusan SMA/SMk dan perguruan tinggi

Cara Daftar Kartu Pra Kerja

  1. Buka website resmi pra kerja di www.prakerja.go.id atau bisa klik disini
  2. Selanjutnya silahkan kamu daftar akun pra kerja dengan menggunakan email atau nomor ponsel
  3. Setelah itu kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang di kirim ke email atau nomor ponsel kamu
  4. Kemudian silahkan kamu login akun pra kerja dan klik daftar kartu pra kerja
  5. Isi formulir pendaftaran kartu pra kerja
  6. Setelah itu akan ada tes kemampuan dasar dan jika kamu lulus maka kamu akan dihubungi dan kamu bisa pilih pelatihan yang ingin kamu ikuti
Baca Juga:  Cara Mengganti Nama Flashdisk yang Tidak Bisa Diganti Langsung

Formulir Pendaftaran Kartu Pra Kerja

Kamu bisa mendapatkan formulir pendaftaran kartu pra kerja melalui website prakerja.go.id. Silahkan kamu isi formulir pendaftaran kartu pra kerja agar kamu bisa mendapatkan kartu pra kerja jika kamu dinyatakan lolos.

F.A.Q

Kenapa Tombol Daftar Kerja tidak ada di situs prakerja.go.id?

jika tombol daftar di situs prakerja.go.id tidak muncul kemungkinan website prakerja sedang dalam perbaikan dan dimohon untuk menunggu hingga website sudah bisa diakses normal lagi.

Berapa tunjangan yang didapatkan peserta kartu prakerja?

Peserta akan mendapat manfaat sebesar Rp 3.550.000 per orang, rinciannya adalah bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000, insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari