Aplikasi Whatsapp Parallel: Menggandakan 2 Akun WA dengan Mudah

Posted on

Pada umumnya setiap ponsel hanya dapat terpasang satu aplikasi WhatsApp saja. Namun dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang ini sudah terdapat aplikasi untuk melakukan kloning. Ini berarti Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan WhatsApp Parallel.

Dalam hal ini Anda tidak hanya bersenang-senang karena kepraktisannya, namun juga memikirkan kekurangan atau dampak penggunaannya. Jika sudah mengetahui poin-poin penting tersebut, maka bisa memutuskan apakah ingin tetap menggunakan WA paralel atau tidak.

Apa itu WhatsApp Paralel?

Apa-itu-WhatsApp-Paralel

WA Paralel merupakan aplikasi WhatsApp yang yang dihasilkan melalui clone atau copy apps menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun dari bawaan sistem. Penggunaan WA paralel ini sudah populer di kalangan pengguna Android tanpa harus menginstall WA bisnis.

Sekalipun tergolong praktis, namun WA paralel ini masih memiliki pro dan kontra dalam penggunaannya. Selalu ada kekurangan dan kelebihan tersendiri dimana pengguna harus memahaminya. Namun dengan adanya aplikasi paralel ini setidaknya bisa membantu kebutuhan pengguna dalam menggunakan WA. 

Cara Membuat WhatsApp Paralel

1. Menggunakan Parallel Space 

  • Lakukan download dan install terlebih dahulu aplikasi Parallel Space – Akun Berganda melalui Play Store masing-masing.

Lakukan-download-dan-install-terlebih-dahulu-aplikasi-Parallel-Space-Akun-Berganda-melalui-Play-Store

  • Jalankan aplikasinya setelah berhasil terinstall dan berikan akses perizinan penggunaan aplikasi.
  • Anda akan langsung berada di menu Clone Apps atau Mengklon Aplikasi dan disini terdapat beberapa rekomendasi aplikasi.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp dengan cara menekan tombol centang kecil di ujung atas setiap pilihan aplikasi.
  • Setelah memilih WhatsApp, klik tombol Add to Parallel Space.
Baca Juga:  7 Cara Cek Poin Telkomsel Kartu AS, Simpati, Kartu Halo

Setelah-memilih-WhatsApp-klik-tombol-Add-to-Parallel-Space

  • Tunggu beberapa saat sampai sistem melakukan duplikat aplikasi dan akan ditambahkan ke desktop ponsel.
  • Keluar dari Parallel Space dan sekarang Anda bisa login menggunakan nomor lain ke akun WA paralel tersebut.

2. Menggunakan App Clone Bawaan

  • Perlu dicatat bahwa cara ini hanya dapat dilakukan pada ponsel yang memiliki fitur Clone Apps bawaan seperti Xiaomi, Realme dan lain sebagainya.
  • Langkah awal adalah masuk ke menu Pengaturan.
  • Di menu Pengaturan, pilih Aplikasi.
  • Sekarang pilih Dual Apps atau Clone Apps sesuai menu masing-masing.
  • Cari dan pilih aplikasi WhatsApp untuk membuatnya menjadi ganda.
  • Kemudian aktifkan opsi App Cloning atau Dual Apps.

Kemudian-aktifkan-opsi-App-Cloning-atau-Dual-Apps

  • Tunggu sebentar dan keluar dari menu Pengaturan.
  • Cek di home screen apakah sudah ada aplikasi WhatsApp lainnya atau belum.

Kelebihan WA Paralel 

1. Login WA Dengan 2 Nomor Berbeda

Login-WA-Dengan-2-Nomor-Berbeda

Umumnya login dua nomor ke aplikasi WA yang berada dalam satu ponsel memang hal yang tidak mungkin. Pengecualian jika Anda melakukan instalasi WA standar dan bisnis secara bersamaan. Bisa juga dengan menggunakan versi WA mod yang saat ini sudah ada banyak versinya.

Namun dengan menggunakan WA paralel ini, Anda bisa melakukan login menggunakan nomor yang berbeda dalam satu device. Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan WA paralel ini tidak boleh disia-siakan begitu saja, terutama bagi Anda yang memiliki nomor ponsel lebih dari satu.

2. Cocok Untuk Pebisnis

Cocok-Untuk-Pebisnis

Beberapa orang memiliki dua nomor yang berbeda untuk membedakan mana kepentingan pribadi dan mana yang menjadi keperluan bisnis ataupun pekerjaan. Sebagian orang memilih menggunakan WA bisnis untuk keperluan bisnis, namun ada juga yang tidak terlalu cocok dengan fitur yang dimiliki.

Alternatifnya adalah dengan menggunakan WhatsApp paralel ini mengingat cara membuatnya tergolong mudah dan praktis. Anda bisa langsung menggunakan dua WA standar dalam aplikasi tanpa perlu repot-repot menginstall versi mod ataupun WA bisnis.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Aplikasi Trackview

3. Praktis dan Mudah

Praktis-dan-Mudah

Kelebihan terakhir yang ditawarkan adalah dari segi kepraktisan dan kemudahan dalam beberapa aspek. Kemudahannya bisa dilihat dari bagaimana cara membuatnya hanya dengan tambahan aplikasi pihak ketiga ataupun menggunakan fitur clone apps yang ada di ponsel tertentu.

Praktis disini adalah dalam hal ketika Anda sudah tidak membutuhkannya lagi, maka Anda tidak perlu melakukan uninstall aplikasi. Cukup dengan menghapusnya dari aplikasi pihak ketiga, maka aplikasi WA paralel akan terhapus dengan sempurna.

Kekurangan WA Paralel 

1. Keamanan Data Belum Terjamin 

Keamanan-Data-Belum-Terjamin

Meskipun memiliki kelebihan yang menarik, bukan berarti versi paralel ini tidak memiliki kekurangan. Dari segi keamanan, meskipun menduplikat dari aplikasi resminya, namun keamanannya belum terjamin. Ini karena aplikasi tersebut berasal dari clone dari pihak ketiga.

Resiko akan kebocoran data ataupun hal-hal yang merugikan lain bisa terjadi ketika Anda menggunakan WhatsApp paralel ini. Akan lebih baik jika Anda menggunakan versi resmi dan jika ingin melakukan login menggunakan nomor yang berbeda, maka bisa memanfaatkan WA bisnis.

2. Resiko Diblokir

Resiko-Diblokir

Resiko diblokir ini berhubungan dengan penggunaan aplikasi tidak resmi atau yang berada diluar Play Store. Sekalipun WA paralel ini merupakan duplikat dari original, namun Anda tetap memiliki resiko diblokir nomor ponselnya.

Hal ini dianggap sebagai kecurangan atau penyalahgunaan aplikasi tanpa persetujuan dari pihak WhatsApp resminya. Jika nomor terblokir, maka chat yang tidak dilakukan backup akan terhapus dan ini tentu akan merugikan Anda.

3. Kehilangan History Chat

Kehilangan-History-Chat

Belum ada yang bisa memastikan apakah WA paralel ini dapat melakukan backup chat seperti halnya versi original atau tidak. Jika bisa, kemungkinan melakukan restore chat juga masih dipertanyakan mengingat bukan dari aplikasi resminya.

Dengan kelemahan yang dimilikinya ini, tentu akan menimbulkan resiko kehilangan history chat di aplikasi WhatsApp paralel tersebut. Apabila Anda ingin tetap menggunakan versi WA clone ini, maka harus bersiap dengan kemungkinan terburuk.

4. Membutuhkan Space Internal

Membutuhkan-Space-Internal

Melakukan clone atau duplikat aplikasi tentunya membutuhkan ruang penyimpanan internal seperti halnya ketika menginstall aplikasi lainnya. Ketika Anda hendak melakukan clone app, alangkah baiknya untuk mengecek sisa memori internal yang dimiliki.

Baca Juga:  Cara Pasang Ads.txt

Apakah memori internal masih memiliki ruang yang cukup atau tidak. Jangan sampai ketika Anda melakukan clone app, ternyata memori internal sudah penuh. Memori internal yang terlalu penuh akan memberatkan kinerja ponsel dan bisa menyebabkan ponsel restart mendadak atau masalah lainnya.

5. Menambah Kinerja RAM

Menambah-Kinerja-RAM

Tidak dapat dipungkiri bahwa penambahan aplikasi tentu akan membutuhkan space RAM yang mendukung. Pada umumnya penggunaan WA memang tidak banyak memakan RAM, namun jika menggunakan versi WA paralel, maka kinerja RAM akan bertambah.

Terlebih apabila Anda menginstall aplikasi lain yang membutuhkan RAM besar. Kondisi seperti ini akan membuat beberapa aplikasi berjalan lebih lambat dibandingkan biasanya. Kinerja ponsel juga akan berpengaruh seiring dengan penuhnya RAM ataupun memori internal.

Tips Menggunakan WA Paralel 

Tips-Menggunakan-WA-Paralel

Bagi yang ingin tetap menggunakan WA paralel setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya, maka bisa menjalankan beberapa tips penggunaannya. Pertama adalah jangan gunakan WA paralel untuk kepentingan yang sangat penting, gunakan untuk hal-hal lainnya.

Kedua adalah jangan terlalu sering menggunakannya atau menggunakannya dalam jangka waktu yang lama. Pada intinya adalah gunakan seperlunya saja dalam keadaan terdesak dan lebih baik menggunakan versi resmi yang sudah ada di Google Play Store.

WhatsApp paralel memang tergolong praktis dan mudah digunakan, namun dibalik semua itu ada resiko yang harus dihadapi bagi siapa saja yang menggunakannya. Penggunaan yang terlalu lama sangat tidak disarankan, terutama untuk hal-hal yang sangat penting.

 

Lihat Juga : 7 Cara Blokir Nomor HP (Samsung, iPhone, Vivo, Oppo, Xiaomi) Work

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari