16 Aplikasi Launcher Ringan Tanpa Iklan dan Hemat Baterai (PRO APK)

Posted on

Salah satu fitur terbaik Android adalah pengguna dapat mendesain antarmuka sendiri, tidak seperti iPhone yang mendikte bagaimana tampilan dan nuansa iOS. Cara termudah dan gratis untuk melakukannya adalah menggunakan aplikasi launcher ringanyang tidak berbayar.

Launcher sendiri adalah aplikasi yang dapat mempercantik layar beranda Android Anda atau bertindak sebagai asisten pribadi, yang sebenarnya sudah terinstall otomatis alias bawaan. Tapi, aplikasi launcher dari pihak ketiga banyak digunakan untuk kustomisasi sesuai kebutuhan/keinginan.

Daftar Aplikasi Launcher yang Rekomended

Aplikasi launcher yang memiliki banyak fitur biasanya akan menguras lebih banyak baterai, sehingga baterai akan habis lebih cepat dari biasanya. Hal yang sama terjadi pada aplikasi yang tidak dioptimalkan dengan baik oleh pengembang.

Karenanya, disarankan untuk menghindari aplikasi yang menawarkan tema sci-fi dengan animasi yang mewah atau berlebihan. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba salah satu dari 16 launcher di bawah ini:

1. Microsoft Launcher

Microsoft-Launcher

Meskipun platform Windows Phone sudah lama hilang, tapi Anda masih bisa menikmati beberapa pengalaman Windows di perangkat seluler melalui Microsoft Launcher. Aplikasi ini sepenuhnya gratis untuk di download dan digunakan oleh semua merk Android.

Anda bisa menggunakannya untuk personalisasi tampilan dan nuansa perangkat Anda dengan menyesuaikan tata letak, ukuran ikon, wallpaper, warna tema dan aksen, mengatur tingkat transparansi, memilih paket ikon dari Play Store, dan mengurutkan aplikasi berdasarkan yang paling sering digunakan.

Anda juga bisa dengan cepat mengakses informasi penting seperti berita, jadwal di kalender, dokumen, daftar tugas, kontak, dan lainnya di feed yang sudah dipersonalisasi dengan log in melalui akun Microsoft atau akun kerja / sekolah. Bahkan, Anda juga bisa membuat feed sebagai default home lho.

Fitur Lainnya:

  • Cortana: fitur yang terintegrasi dari Microsoft Launcher ini bisa langsung diaktifkan dengan mengatakan “Hey Cortana”. Anda kemudian bisa menggunakannya untuk hampir semua tugas produktivitas dasar di Android, seperti mengatur pengingat, memeriksa jadwal harian, atau membaca chat dan email.
  • New dock: bagian ini bertindak sebagai perantara untuk aplikasi yang paling sering Anda gunakan di layar beranda. Jadi Anda bisa menggunakannya untuk menambahkan kombinasi aplikasi, kontak, widget, pintasan sistem operasi (seperti Wi-Fi, Bluetooth, dan kecerahan), atau yang lainnya.
  • Berbagai tema: Microsoft Launcher hadir dengan tema terang yang berfungsi penuh, tema gelap, dan tema transparan. Anda juga bisa menyesuaikan aspek lain dari tema, seperti efek blur, opacity, dan warna aksen.
  • Gestur: Anda bisa menentukan bagaimana Anda ingin gerakan bekerja pada perangkat Anda sejalan dengan fitur baru yang tersedia di Microsoft Launcher.

2. Action Launcher

Action-Launcher

Pengembang menghadirkan banyak hal inovatif dalam aplikasi ini, seperti widget at a glance dan shortcut aplikasi. Ikon adaptif juga berfungsi, yang memungkinkan Anda untuk memilih gaya ikon sesuai dengan keinginan, seperti persegi, bundar, oval, atau drop.

Tajam dan intuitif adalah dua hal yang membanggakan dari launcher ini, tapi juga harus diakui bahwa ia cenderung berjalan sedikit lebih lambat dari beberapa launcher lain yang sudah disebutkan (tapi tergantung juga pada jenis Android Anda).

Tapi, kelambatan ini bisa berkurang jika Anda membuat Action Launcher menjadi default. Salah satu fitur yang patut disanjung dari launcher ini adalah “Quicktheme”, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah menentukan tema antarmuka Anda agar sesuai dengan wallpaper yang sudah Anda set.

Ada juga “Shutters”, yang secara instan bisa memunculkan widget dari aplikasi yang sudah ada pada Android Anda. Caranya haya dengan gerakan “swap” pada ikon aplikasi, dan widget akan muncul otomatis.

Bonus bagus lainnya adalah Anda dapat menambahkan layar beranda bergaya Pixel, lengkap dengan panel Google Now ke ponsel non-Pixel Anda. Terlepas dari fitur-fitur dan kelambatannya, launcher ini termasuk cukup ringan dan salah satu yang rekomended.

3. Nova Launcher

Nova-Launcher

Menjadi salah satu aplikasi launcher ringan dan terbaik setidaknya sampai akhir tahun ini, Nova Launcher menawarkan keseimbangan fitur dan kinerja yang sempurna, serta memiliki kemampuan penyesuaian, ketepatan, dan menghadirkan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Baca Juga:  Revo Uninstaller Pro APK Full Download Versi Terbaru (Gratis 100%)

Setelah diperbarui beberapa waktu lalu, aplikasi ini hadir dengan fitur mode malam yang yang tidak hanya bagus untuk mata Anda tapi juga membantu mengurangi konsumsi baterai untuk Android dengan layar OLED.

Bersama dengan itu, Nova Launcher juga menawarkan antarmuka yang bersih namun keren dengan piksel dan kemampuan untuk menyesuaikan tombol navigasi, ukuran ikon aplikasi, warna font, opacity, dan banyak lagi.

Anda juga dapat menginstal icon packs dan bermain-main dengan kecepatan serta gaya animasi. Secara keseluruhan, aplikasi ini menghadirkan fitur-fitur canggih untuk menyempurnakan layar beranda Anda, tapi tetap merupakan pilihan yang bagus dan ramah pengguna untuk semua orang.

Anda bisa menemukan Nova Launcher di Google Play dalam dua versi, yaitu gratis dan berbayar. Versi premiumnya seharga Rp 65.000 dan bernama Nova Launcher Prime, yang menawarkan beberapa fitur tambahan seperti:

  • Gestur: gesek, cubit, ketuk dua kali, dan lainnya di layar beranda untuk menjalankan perintah khusus.
  • Grup aplikasi: Anda bisa membuat tab atau folder khusus di grup aplikasi untuk nuansa yang sangat terorganisir.
  • Hide apps: menghapus aplikasi dari grup aplikasi dan menyembunyikannya.
  • Gerakan usap ikon khusus: gerakan menggesek ke ikon atau folder layar beranda untuk tindakan khusus.

4. Power+ Launcher- Battery Saver

Power-Launcher-Battery-Saver

Aplikasi ini adalah salah satu yang paling efisien dan populer berkat fitur penghemat baterai uniknya yang secara aktif mendeteksi / menganalisis aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang lalu menutup aplikasi yang tidak perlu.

Jadi saat sebuah aplikasi berjalan terlalu lama di latar belakang, launcher ini akan segera menghentikan prosesnya dan dengan demikian mengurangi konsumsi baterai secara keseluruhan.

Fitur Power+ Launcher- Battery Saver:

  • Secara otomatis menutup aplikasi yang tidak perlu dan terdeteksi menghabiskan daya baterai di latar belakang.
  • Dapat meningkatkan kinerja perangkat, bahkan yang memiliki prosesor lambat dan ruang memori (RAM) rendah.
  • Dapat membantu mengelola dan menghibernasi aplikasi untuk mencegahnya auto-start sehingga secara efektif menghemat daya baterai dan meningkatkan kinerja perangkat.
  • Dilengkapi fitur pencarian instan untuk menemukan aplikasi, kontak, file, dokumen, musik, video, situs web, dan lainnya hanya dalam hitungan detik.
  • Layar ponsel lebih bersih dan rapi karena ikon-ikon aplikasi akan dimasukkan ke dalam kategori dan ditata berdasarkan fungsionalitas.

5. Kiss Launcher

Kiss-Launcher

Hadir dengan ukuran ringan dan tanpa iklan adalah dua alasan utama mengapa launcher ini bisa mendapat 4.3 bintang di Google Play Store. Aplikasi ini dapat menyesuaikan diri dengan cara Anda menggunakannya, dan membuat Anda menemukan apa yang Anda inginkan dengan lebih cepat.

Kiss Launcher menampilkan antarmuka yang sangat sederhana dan intuitif karena tidak memiliki grup aplikasi, tapi menampilkan aplikasi dalam bentuk barisan yang rapi, mudah diatur ulang, dan dihapus. Aplikasi ini tidak menggunakan konektivitas internet untuk bekerja, sehingga lebih hemat data dan baterai.

6. Evie Launcher

Evie-Launcher

Aplikasi launcher ringan dari developer Evie Labs Inc. ini dirancang dengan mengutamakan kinerja, jadi launcher ini tidak hanya berjalan dengan sumber daya minimal alias menghemat baterai tapi juga bisa membuat Android Anda lebih cepat dan lebih mudah digunakan dengan antarmuka yang sederhana.

Jika menginstall Evie Launcher, Anda bisa mengakses semua aplikasi hanya dengan gesekan sederhana, dan Anda bisa mencari apa pun langsung melalui layar beranda. Beberapa fitur lain dan kelebihan Evie Launcher adalah:

  • Sederhana, cepat, bersih dan mudah digunakan.
  • Memiliki desain minimalis yang keren.
  • Menawarkan tiga mesin pencari untuk integrasi, yaitu Google, Bing, dan DuckDuckGo, yang juga memungkinkan Anda membuat shortcut khusus untuk hasil pencarian.
  • Memiliki fitur “Customization” untuk dokumen, icon pack, chat atau email yang belum dibaca, gerakan, dan banyak lagi, yang bisa digunakan untuk personalisasi.
  • Dilengkapi fitur “Hide app” untuk menyembunyikan aplikasi dan memberikan privasi penuh, sehingga beberapa aplikasi tidak akan bisa dilihat oleh orang lain yang mungkin sedang meminjam hp Anda.
  • Semua fitur tersedia secara gratis.

7. ap15 Launcher

ap15-Launcher

Menjadi yang paling ringan dari semuanya, ap15 Launcher akan ​​membuat Anda merasakan pengalaman menggunakan Android ke tingkat yang benar-benar baru dengan fitur-fiturnya yang tidak biasa, yang secara keseluruhan malah terlihat lebih aesthetic

Salah satu fiturnya adalah semua aplikasi di Android Anda tidak akan muncul dalam bentuk ikon aplikasi seperti pada umumnya, tapi dalam bentuk nama aplikasi dengan ukuran yang berbeda-beda di layar beranda yang dapat di scroll.

Baca Juga:  8 Penguat Sinyal Wifi Terbaik (TP-Link, Indihome, Tenda) di Laptop dan Android

Semakin sering Anda menggunakan aplikasi tertentu, semakin besar ukuran nama aplikasi tersebut, yang pada dasarnya menyoroti aplikasi favorit Anda dan membuatnya lebih mudah dilihat. Sedangkan sisanya akan tetap pada ukuran font minimum sampai Anda mulai sering membukanya.

8. Smart Launcher Pro 3

Smart-Launcher-Pro-3

Aplikasi yang diluncurkan pada tahun 2016 ini memiliki desain minimalis dengan slogan “Light, Simple, and Fast”. Launcher ringan ini akan menata aplikasi pada Android Anda dengan rapi berdasarkan kategori masing-masing, sehingga memudahkan Anda untuk mengaksesnya.

Fitur Smart Launcher Pro 3:

  • Memiliki antarmuka yang menyenangkan dan nyaman.
  • Konsumsi memori dan daya baterai rendah.
  • Interface home screen akan tampil lebih rapi, efisien, dan penuh gaya.
  • Siap digunakan tanpa konfigurasi khusus.
  • Menyediakan berbagai macam skin, tema, dan icon pack gratis untuk personalisasi pengguna.
  • Dukungan untuk wallpaper animasi dan layar dengan ukuran berbeda.
  • Menyediakan search bar untuk membantu Anda mencari informasi atau aplikasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat, yang juga mendukung notification badges pada Android Oreo.

9. Lawnchair 2

Lawnchair-2

Lawnchair 2 adalah contoh lain dari aplikasi launcher yang ringan. Aplikasi ini lumayan mirip dengan launcher Pixel yang ditemukan di jajaran Google Pixel dalam hal tampilan dan fungsionalitas, tapi secara inheren lebih dapat disesuaikan (meskipun tidak terlalu banyak).

Launcher ini mudah dinavigasi dan memiliki akses mudah ke Google, serta benar-benar gratis untuk digunakan tanpa harus membayar apa pun. Ketajaman dan kinerjanya juga setara dengan Nova Launcher dan Google Pixel Launcher. Berkenaan dengan tema, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  • Mengubah bentuk ikon aplikasi menjadi lebih unik dengan opsi yang sudah dibuat sebelumnya atau membuat ikon khusus Anda sendiri.
  • Memilih warna aksen yang Anda inginkan.
  • Mengubah warna dan jenis font.
  • Mengubah tema gelap atau terang.
  • Ada widget Pixel yang sangat dapat disesuaikan di layar.

Ada juga fitur penyesuaian yang bisa Anda gunakan untuk mengubah warna latar belakang menjadi warna atau gambar solid, mengubah ukuran label, dan opacity. Jika ingin menghemat baterai, cukup atur ap15 Launcher sebagai launcher default Anda.

10. Niagara Launcher

Niagara-Launcher

Niagara Launcher sangat ringan dan ergonomis serta dapat membantu Anda memiliki tampilan homescreen yang minimalis namun fungsional. Hal ini membuatnya pernah dinominasikan sebagai salah satu launcher terbaik tahun 2019 oleh Lifewire, Tom’s Guide, dan AndroidPIT.

Launcher ini tidak menampilkan grup aplikasi secara default, tapi akan menata ikon aplikasi Anda dalam bentuk barisan vertikal sesuai urutan alfabet.

Selanjutnya, Anda bisa menyesuaikan jenis dan warna font, tampilan ikon aplikasi, tema warna sesuai dengan wallpaper Anda, dark mode, dan smart replies. Aplikasi ini termasuk ramah baterai, cukup stabil, dan berukuran ringan, yang berarti hanya membutuhkan sangat sedikit ruang.

Fitur lain yang juga menjadi favorit adalah “Hide Apps”, yang memungkinkan Anda menyembunyikan aplikasi yang tidak ingin dilihat oleh orang lain, yang juga dapat memberikan·tampilan lebih bersih dan rapi.

11. Apex Launcher

Apex-Launcher

Apex Launcher adalah salah satu aplikasi launcher paling menakjubkan secara visual, yang merupakan pemain lama dan terbaik.

Hal tersebut terbukti dari bintang 4 yang didapatnya di Play Store dan beberapa penghargaan seperti Top 10 best performance Android Launcher of 2018 Devs Lab, 5 Best Android Launcher – Lifehacker, dan Best Android Launcher Apps of 2018 – Android Authority.

Launcher ringan ini dioptimalkan untuk smartphone dan tablet, serta menawarkan ribuan tema dan icon pack yang tersedia di Play Store. Meskipun gratis, launcher ini tetap dilengkapi dengan sejumlah fitur keren dan berguna seperti:

  • Mode hemat baterai.
  • Efek transisi mewah untuk smartphone dan tablet, seperti akordeon, silang, dan sebagainya.
  • Dapat menambahkan 9 layar home screen.
  • Fitur “Hide Apps” untuk menyembunyikan beberapa aplikasi yang tidak sering Anda gunakan.
  • Dilengkapi beberapa pilihan bentuk ikon dan label, serta beberapa gaya, seperti buram, transparan, paginasi, dan horizontal / vertikal.
  • Dilengkapi fitur gerakan, seperti cubit, tab dua kali, geser ke atas / bawah, dll.
  • Menyediakan widget dan pengaturan tema tingkat lanjut.

12. Google Now Launcher

Google-Now-Launcher

Diluncurkan langsung oleh Google Inc., aplikasi ini hadir tanpa iklan dan 100% gratis untuk semua pengguna Android berbagai merk dan tipe, seperti Samsung, Sony, Oppo, dan banyak lagi.

Launcher ini hadir dengan tampilan pure Android vanilla, serta terintegrasi langsung dengan Google Now yang menyediakan berbagai informasi paling baru dari seluruh negara di dunia.

Anda bisa searching berita terkini langsung dari beranda dan menggunakan voice command “OK Google” untuk memberi perintah (seperti mengirim SMS, memainkan lagu, menelepon seseorang, dll.), atau bertanya mengenai cuaca hari ini, arah jalan, dan banyak lagi.

Baca Juga:  Aplikasi Ivive

13. ADW 2 Launcher

ADW-2-Launcher

ADW 2 adalah aplikasi launcher yang stabil, ramah pengguna, tidak membuat hp lemot, dan menawarkan banyak fitur untuk personalisasi. UI yang dimiliki aplikasi ini bahkan hampir terasa dengan Android Stock.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur unik yang bisa membuat warna antarmuka serasi dengan wallpaper. Ada juga badge ikon, pengindeksan aplikasi di grup aplikasi, shortcut launcher, animasi transisi, dan berbagai fitur berguna lainnya. Anda juga bisa membuat dan memodifikasi widget sesuai keinginan.

14. Slim Launcher

Slim-Launcher

Hampir mirip dengan namanya, Slim Launcher adalah launcher terbersih dan terindah di daftar ini, yang dibuat oleh Beautus S. Gumede.

Premis launcher ini berpusat pada pengurangan aksesibilitas ke aplikasi yang tersebar di sebagian besar ponsel cerdas Anda, dan mirip dengan ap15 Launcher, Slim Launcher akan menata aplikasi dalam bentuk text.

Slim Launcher memungkinkan Anda untuk mengganti nama label, menggeser urutan tampilan di layar beranda, serta mengubah tema dan jenis font. Namun, beberapa tema wallpaper tidak diizinkan oleh auncher ini. Hanya tersedia beberapa tema warna solid untuk tampilan yang lebih bersih.

Secara keseluruhan, launcher ini mungkin tidak menawarkan banyak penyesuaian seperti sebagian besar launcher lain yang mungkin pernah Anda gunakan, tapi kesederhanaan dan kemudahan penggunaannya layak untuk diacungi jempol.

15. Hyperion Launcher

Hyperion-Launcher

Hyperion Launcher adalah opsi launcher ringan lain yang memberi Anda tampilan visual dan kinerja yang cukup mengesankan. Jika mengubah launcher ini menjadi default, maka baterai Android Anda akan lebih hemat.

Tidak jauh berbeda dengan aplikasi launcher lainnya, Hyperion Launcher juga memungkinkan Anda membuat tampilan home screen yang lebih personal. Aplikasi juga dilengkapi dengan dukungan icon pack, fitur gerakan khusus, dan beberapa tema keren. Sejumlah fitur lain yang ditawarkannya adalah:

  • Ada 4 tema background yang bisa dipilih, yaitu transparan, putih, gelap, dan hitam.
  • Ada 20 warna aksen yang bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna.
  • Dilengkapi dengan beberapa animasi yang indah dan halus untuk membuat pengalaman yang lebih menyenangkan.
  • Opsi penyesuaian lainnya termasuk ikonografi, tata letak halaman, dan berbagai elemen antarmuka lainnya.

Versi gratis Hyperion sepertinya sudah cukup untuk pengguna biasa, tapi jika Anda menginginkan kustomisasi ikon lebih lanjut termasuk warna teks, opacity, gerakan, fitur hide apps, kustomisasi Google Smart Widget, dan lainnya, maka Anda membutuhkan versi premium yang disebut Hyperion Supreme.

16. AIO Launcher

AIO-Launcher

Ada ratusan aplikasi launcher yang tersedia di Google Play. Masing-masing menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda atau memiliki beberapa fitur khusus yang mungkin Anda suka. Namun AIO Launcher hadir secara berbeda,

Aplikasi ini tidak memiliki ikon warna-warni dengan banyak efek dan tema, tapi menggunakan ruang layar hanya untuk menampilkan informasi paling penting kepada Anda, seperti:

  • Perkiraan cuaca hari ini dan 9 hari mendatang.
  • Notifikasi Android standar.
  • Saat Anda mengaktifkan musik, tombol kontrol pemutaran muncul otomatis.
  • List aplikasi yang paling sering digunakan.
  • Kontak cepat.
  • Daftar email yang diterima namun belum dibaca.
  • Daftar catatan dan tugas.
  • Berita terbaru dari dalam dan luar negeri.

Sedangkan untuk tema dan beberapa fitur lainnya termasuk:

  • Dukungan icon pack.
  • Kemampuan untuk mengubah ukuran font.
  • Sistem pencarian cepat untuk menemukan kontak, aplikasi, file, dokumen, atau informasi di internet.
  • Kemampuan untuk mengganti nama aplikasi.
  • Dukungan widget dan plugin
  • Fitur gerakan.
  • Membersihkan cache / file sampah plus mempercepat perangkat hanya dengan satu ketukan.
  • Fitur hide apps.
  • Bisa menambahkan efek 3D.

Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini memiliki antarmuka yang ramah dan konsumsi baterai minimal, serta tersedia secara gratis di Play Store. Ukurannya yang kecil, yaitu 3.7MB, membuatnya menjadi salah satu launcher ringan yang kompatibel dengan Android versi 4.1 atau yang lebih baru.

Android memiliki keunggulan dalam hal fleksibilitas dan penyesuaian jika dibandingkan dengan iOS, sehingga Anda bisa dengan mudah mengganti tampilannya dengan aplikasi launcher. Ada banyak pilihan tersedia, kebanyakan gratis, berukuran kecil, dan hemat baterai.

 

 

Lihat Juga :

  1. 6 Cara Mengetahui Handphone/WA Disadap Orang
  2. 21 Game Offline PC Ukuran Kecil/Ringan (Terbaik)
  3. 16 HP Gaming Murah Mulai 1 Jutaan (Terbaru 2020, Anti Lag!)
Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari