14 Cara Cek Saldo E-toll (Pake NFC dan Tanpa NFC) Mudah!

Posted on

Cara cek saldo e-toll saat ini semakin mudah dan cepat. Bahkan Anda bisa menggunakan smartphone yang memiliki fitur NFC. Tentunya, cara ini lebih efektif dan menghemat waktu. Namun bagaimana dengan smartphone tanpa NFC, apakah bisa cek saldo e-toll juga?

Tidak perlu khawatir, Anda bisa mengetahui saldo e-toll dengan atau tanpa NFC pada smartphone. Mengecek saldo e-toll penting dilakukan agar proses transaksi yang dilakukan nantinya berjalan lancar. Dengan demikian, perjalanan Anda pun mulus sampai tujuan.

Cara Cek Saldo E-toll di Hp NFC

NFC (Near Field Communication) merupakan teknologi terkini pada smartphone untuk melakukan berbagai transaksi pembayaran. Salah satunya untuk mengecek saldo e-toll yang tersisa. Anda bisa mengakses info saldo tersebut melalui smartphone dengan fitur NFC.

Sedangkan e-toll sendiri merupakan inovasi pembayaran tol agar lebih praktis tanpa uang cash. Jadi, mengetahui saldo e-toll tidak akan membuat Anda khawatir ketika memasuki pintu tol.

Untuk mengecek saldo e-toll dengan ponsel NFC ini, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini.

1. Menggunakan Aplikasi Electronic Money Card Balance

Menggunakan-Aplikasi-Electronic-Money-Card-Balance

Cara ini bisa dilakukan untuk Anda yang memiliki banyak kartu elektronik. Menginstall aplikasi Electronic Money Card Balance merupakan pilihan yang tepat. Pengguna bisa dengan mudah mengecek saldo, termasuk saldo e-toll.

Satu aplikasi ini memungkinkan Anda mengecek saldo berbagai rekening. Jadi, cukup satu aplikasi saja agar bisa menghemat memori di Hp. Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah bahkan tidak memerlukan banyak langkah.

Anda hanya perlu mendekatkan kartu ke punggung ponsel yang sudah dilengkapi NFC. Tidak butuh waktu lama, informasi saldo e-toll akan segera ditampilkan pada layar Hp. Perlu diingat bahwa aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk mengecek saldo saja.

Anda tidak bisa menggunakannya untuk top up atau isi ulang. Aplikasi Electronic Money Card Balance mendukung kartu Mandiri e-money, kartu BCA Flazz, kartu BNI TapCash, kartu BRI BRIZZI, kartu Multi Trip commuter line, dan kartu Mega Cash.

2. Menggunakan Aplikasi eSaldo Info

Menggunakan-Aplikasi-eSaldo-Info

Aplikasi ini juga termasuk multifungsi karen abisa mengakses berbagai kartu uang elektronik. Jadi, Anda tidak perlu menginstall banyak aplikasi untuk mengetahui berapa jumlah saldo yang tersisa di dalamnya.

Menariknya, aplikasi ini juga menyediakan fitur menampilkan informasi waktu penggunaan kartu dan jumlah saldo yang terpakai.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasi ini lalu letakkan kartu ke bagian belakang Hp. Jenis kartu yang digunakan dan sisa saldo akan ditampilkan pada layar Hp.

Aplikasi eSaldo mendukung kartu elektronik seperti Mandiri e-money dan e-toll, kartu BNI TapCash, kartu Idomaret, kartu BRI BRIZZI, kartu BCA Flazz, kartu Mega Cash, kartu Jak Lingko, dan kartu Multi Trip commuter line.

Baca Juga:  GoIns Tutup

3. Menggunakan Aplikasi Mandiri e-Money Info

Menggunakan-Aplikasi-Mandiri-e-Money-Info

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dikeluarkan oleh Bank Mandiri untuk memudahkan nasabahnya mengecek saldo e-money. Aplikasi ini banyak dipilih nasabah Mandiri karena dikenal aman, nyaman, dan cepat.

Tidak hanya itu, interface aplikasi Mandiri e-Money Info juga sangat sederhana. Jadi untuk pemula sekalipun akan mudah dipahami, khususnya nasabah orang tua. Fitur utama dari aplikasi ini adalah untuk mengecek saldo kartu Mandiri e-Money yang dimiliki.

Namun, aplikasi ini juga bisa membantu Anda menemukan ATM Mandiri terdekat untuk melakukan top up. Jadi bisa disimpulkan bahwa aplikasi ini memang khusus pengguna e-Money Mandiri.

4. Menggunakan Aplikasi Mandiri Online

Menggunakan-Aplikasi-Mandiri-Online

Bagi nasabah setia Mandiri, mungkin sudah tidak asing aplikasi Mandiri Online. Aplikasi ini memungkinkan Anda melakukan berbagai transaksi, termasuk mengecek saldo. Hanya dengan menggunakan smartphone Android, pengguna bisa mengetahui saldo e-toll.

Namun dengan catatan sudah mendaftar di aplikasi ini. Jika sudah terdaftar, silahkan ikuti langkah-langkah mudah berikut ini untuk mengecek saldo e-toll.

  • Pastikan fitur NFC di smartphone Anda sudah aktif.
  • Buka aplikasi Mandiri Online yang sudah terinstall dan terdaftar.
  • Jika sudah login, silahkan piluh menu e-Money.
  • Tap pilihan menu Lihat/Perbarui Saldo.
  • Letakkan kartu e-money yang dimiliki dan tunggu beberapa saat sampai saldo e-toll yang tersisa ditampilkan.

Metode ini menjadi salah satu yang paling mudah dilakukan. Aplikasi ini memungkinkan nasabah mengecek saldo e-toll tanpa banyak langkah.

5. Menggunakan BNI TapCash Go

Menggunakan-BNI-TapCash-Go

Aplikasi ini bisa digunakan bagi Anda yang memiliki kartu BNI TapCash. Tidak kalah mudah dengan cara sebelumnya, cara ini juga akan menghemat waktu nasabah. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur lain yang tak kalah menari selain cek saldo e-toll.

Diantaranya adalah update balance, riwayat transaksi, top up dengan kardu debit, Alfamart, pencari lokasi ATM terdekat, dan Familymart terdekat. Aplikasi ini tidak ribet dipakai karena interface yang mudah dipahami.

Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan menempelkan kartu BNI TapCash di belakang Hp. Setelah itu, fitur NFC di dalamnya akan secara otomatis mendeteksi data pada kartu elektronik tersebut. Sesuai dengan namanya, kartu ini khusus pengguna e-money BNI.

6. Menggunakan BCA Mobile

Menggunakan-BCA-Mobile

Tidak kalah dengan bank lainnya, kini pengguna BCA juga bisa cek saldo uang elektronik dengan mudah. Caranya dengan menggunakan layanan mobile banking bernama BCA Mobile. Salah satu fitur unggulannya adalah mengecek jumlah saldo di BCA Flazz.

Jadi, Anda bisa mengetahui nominal saldo e-toll yang masih tersisa. Jadi, aplikasi mobile banking dari BCA ini bersifat all ini one. Pengguna tidak perlu menginstall banyak aplikasi hanya untuk mengecek saldo.

Tidak hanya mengecek saldo, aplikasi ini juga memungkinkan Anda melakukan transaksi lainnya. Contohnya melakukan tarik tunai tanpa kartu, blokir kartu, setor tunai, dan lainnya.

Menariknya, pengguna kartu BCA Flazz juga bisa menggunakan fitur cek saldo di aplikasi ini meskipun bukan nasabah BCA.

7. Menggunakan BRI Mobile

Menggunakan-BRI-Mobile

Kabar baik untuk pengguna kartu BRI BRIZZI, kini Anda bisa mengecek saldo dengan mudah menggunakan BRI Mobile. Tampilan aplikasi ini dikenal mudah dipahami dan tidak ribet. Jadi, pemula sekalipun tidak akan kesusahan menggunakannya.

Sama seperti bank lainnya, aplikasi ini merupakan fitur mobile banking yang disediakan BRI. Salah satu fiturnya adalah mengecek saldo uang elektronik pada kartu BRI BRIZZI.

Baca Juga:  3 Cara Transfer Kuota Telkomsel ke Teman Tanpa Biaya Tambahan

Tidak hanya itu BRI Mobile juga memudahkan penggunanya untuk membuka tabungan baru tanpa buku, setor tunai tanpa kartu, mutasi rekening, dan lain-lain.

8. Menggunakan Aplikasi E-Money

Menggunakan-Aplikasi-E-Money

Pengguna e-toll mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi e-money. Aplikasi ini bisa digunakan pada smartphone yang sudah dilengkapi NFC. Jika ponsel Anda memadai, tentu mengecek saldo di e-toll bukanlah hal yang sulit.

Menariknya, Anda tidak perlu membuat akun terlebih dahulu. Cukup install aplikasi ini, saldo uang elektronik akan langsung ditampilkan. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  • Download dan install aplikasi e-money di Google PlayStore.
  • Buka aplikasi tersebut dan pastikan NFC sudah aktif di ponsel Anda.
  • Tempelkan kartu e-toll dan tunggu sampai informasi sisa saldo muncul.

Cara ini termasuk yang banyak dilakukan karena aplikasi e-money cukup mudah digunakan. Pengguna tidak perlu registrasi atau login dengan akun apapun. Jadi lebih menghemat waktu dan efektif bukan?

9. Menggunakan Aplikasi Tokopedia

Menggunakan-Aplikasi-Tokopedia

Seiring berkembangnya tren belanja online, berbagai marketplace di tanah air gencar melakukan inovasi. Salah satunya yang dilakukan Tokopedia. Kini, Anda bisa mengecek saldo e-toll dengan mudah menggunakan aplikasi yang identik dengan warna hijau ini.

Cara cek saldo e-toll dengan Tokopedia sangat mudah. Anda bisa memanfaatkan menu e-money di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkaj mudahnya berikut ini.

  • Aktifkan fitur NFC di smartphone terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi Tokopedia yang sudah terinstall, lalu login menggunakan akun Anda.
  • Pada tampilan utama aplikasi, pilih menu E-money.
  • Untuk mengetahui sisa saldo, tap tombol Cek Saldo.
  • Setelah itu, tempelkan kartu e-toll pada smartphone Android.
  • Tunggu sampai sisa saldo e-toll muncul di layar smartphone Anda.

10. Menggunakan Aplikasi BukaLapak

Menggunakan-Aplikasi-BukaLapak

Tidak kalah dengan Tokopedia, Bukalapak juga menyediakan fitur yang memungkinkan Anda mengecek saldo e-toll. Jadi, marketplace ini tidak hanya digunakan untuk jual-beli online saja. Untuk mengetahui sisa saldo e-toll, ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  • Pastikan ponsel Anda sudah mendukung fitur
  • Buka aplikasi Bukalapak di smartphone, lalu pilih menu E-money.
  • Setelah itu, langsung tempelkan kartu uang elektronik yang dimiliki.
  • Tunggu sampai sisa saldo e-toll muncul di layar ponsel.

Penggunaan aplikasi marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak memang cukup efektif. Terlebih jika Anda sudah sering bertransaksi jual-beli dengan platform tersebut. Jadi, mengecek saldo e-toll pun bukan hal yang sulit.

Cara Cek Saldo E-toll di Hp Tanpa NFC

Ingin mengecek saldo e-toll di Hp tanpa NFC? Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menggunakan cara-cara berikut ini meskipun ponsel tidak dilengkapi NFC. Yuk simak metode-metode yang bisa dilakukan berikut ini.

1. Menggunakan Mesin ATM

Menggunakan-Mesin-ATM

Cara cek saldo e-toll yang satu ini masih banyak dilakukan. Mengingat mesin ATM memang sudah banyak tersedia di berbagai tempat. Anda juga bisa mengecek saldo uang elektronik dengan mudah dengan mesin ATM.

Perlu diingat, jika ingin cek saldo saja tidak mengharuskan Anda memasukkan kartu ATM ke slot mesin. Sedangkan jika ingin melakukan top up, Anda bisa memasukkan kartu debit yang dimiliki.

Mengecek saldo e-toll di ATM sangat mudah. Anda hanya tinggal menempelkan kartu e-money pada bagian mesin bertanda e-money. Berikut akan dicontohkan cara cek saldo e-toll untuk pengguna e-money Mandiri.

  • Datangi gerai mesin ATM Mandiri terdekat.
  • Pada bagian mesin, tekan tombol berwarna hijau atau yang bertuliskan
  • Setelah itu pada layar akan ditampilkan menu Mandiri e-Cash dan Mandiri e-Money.
  • Tekan pilihan yang kedua, yaitu Mandiri e-Money.
  • Setelah itu, tekan pilihan Informasi Saldo.
  • Tempelkan kartu e-money Mandiri pada bagian mesin bertanda e-money.
  • Tunggu beberapa saat sampai layar menampilkan sisa saldo e-money Anda.
Baca Juga:  Cara Daftar Paket 1 Rupiah Telkomsel

2. Menggunakan Internet Banking

Menggunakan-Internet-Banking

Jika smartphone Anda tidak dilengkapi NFC, mengecek saldo e-toll bisa dilakukan menggunakan internet banking. Namun pastikan Anda sudah terdaftar sebagai pengguna layanan internet banking. Jika belum, sebaiknya lakukan registrasi terlebih dahulu.

Pendaftaran layanan ini bisa melalui kantor cabang bank terdekat atau bisa juga melalui ATM. Jika sudah memiliki User ID dan PIN internet banking, Anda bisa mengikuti langkah-langkah cek saldo e-toll sebagai berikut.

  • Buka aplikasi internet banking sesuai bank yang digunakan.
  • Perlu diketahui layanan ini bisa diakses melalui browser di smartphone maupun laptop,
  • Pada tampilan awal, login menggunaka User ID lalu masukkan
  • Setelah masuk ke menu utama, klik Uang Elekteronik.
  • Fitur uang elektornik bisa berbeda-beda. Sebagai contoh, pengguna e-money Mandiri bisa memilih opsi Mandiri e-Money.
  • Setelah itu, pilih Informasi Saldo.
  • Masukkan 16 digit nomor e-Money pada kolom yang tersedia.
  • Pastikan nomor sudah benar, lalu lanjutkan dengan klik Kirim.
  • Tunggu beberapa saat sampai informasi saldo ditampilkan pada layar.

3. Menggunakan Telkomsel M-Banking

Menggunakan-Telkomsel-M-Banking

Cara selanjutnya adalah menggunakan Telkomsel M-Banking untuk mengecek saldo uang elektronik. Seperti yang telah diketahui, Telkomsel memberikan terobosan baru berupa aplikasi mBanking.

Menariknya, pengguna bisa menyimpan lebih dari satu Bank yang dimiliki hanya dalam satu aplikasi. Aplikasi ini akan memudahkan pengguna melakukan transaksi perbankan tanpa harus menginstall banyak aplikasi.

Metode ini sangat cocok bagi Anda pengguna provider Telkomsel. Pastikan aplikasi ini terpasang di smartphone, lalu lakukan registrasi dengan mengisi data diri. Setelah itu, Anda bisa mengecek saldo e-toll menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu, Telkomsel M-Banking juga memudahkan penggunanya melakukan mutasi rekening, transfer antar rekening, transfer antar bank, dan lain-lain.

4. Menggunakan Mesin EDC

Menggunakan-Mesin-EDC

Jika kebetulan sedang berada di minimarket, Anda bisa sekalian mengecek saldo e-toll lho. Datangi minimarket yang mudah ditemui seperti Alfamart atau Indomaret.

Biasanya, minimarket tersebut memiliki mesin EDC yang bisa digunakan untuk mengecek saldo uang elektronik. Anda bisa menyampaikan tujuan ke kasir untuk mengecek saldo e-toll di minimarket.

Tidak hanya di minimarket, kantor cabang bank terdekat juga terdekat juga sudah terdapat mesin EDC. Anda bisa mengambil antrian untuk ke bagian customer service dan mengecek sisa saldo uang elektronik.

Bagaimana, cukup mudah bukan mengecek saldo e-toll? Jika Anda memiliki smartphone dengan fitur NFC tentunya lebih menghemat waktu. Namun cara lainnya juga tersedia untuk ponsel yang tidak dilengkapi NFC. Jadi, pilih yang paling sesuai dan mudah dilakukan ya.

 

Lihat Juga Tips dan Trik Menarik Dibawah Ini :

  1. 4 Cara Cek Saldo ATM BRI (SMS Banking, Mobile, ATM, Internet B)
  2. 12 Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark untuk Instagram (Gratis)

  3. 12 Browser Anti Blokir Windows (Laptop/PC) Terbaik (Buka Internet Positif)

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari