4 Cara Downgrade MIUI (11, 10 ke 9, 9 ke 8,7) Tanpa PC

Posted on

Tidak sedikit pengguna Xiaomi yang ingin kembali menggunakan versi MIUI lama. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya saat harus update ROM untuk MIUI versi Beta. Beberapa cara downgrade MIUI di bawah ini akan membantu Anda menurunkan versi MIUI.

Selain itu, pengguna yang ingin memakai versi MIUI di bawahnya juga karena sudah terlanjur nyaman. Jadi ketika update, ternyata versi terbaru tidak sesuai yang diharapkan. Jika Anda menjadi salah satunya, tidak ada salahnya melakukan downgrade MIUI.

Apa Itu Downgrade MIUI?

Apa-Itu-Downgrade-MIUI

Seperti yang telah diketahui, versi terbaru MIUI saat ini adalah MIUI 13. Perangkat lunak user interface yang dikembangkan vendor asal China ini berbasis Android. Perkembangan MIUI saat ini memang terus mengalami update, bahkan saat ini sudah mencapai MIUI 12.

Tujuannya tak lain agar pengguna Xiaomi memiliki pengalaman yang baik saat menggunakan ponsel tersebut. Lalu, apa yang dimaksud downgrade MIUI? Maksud dari downgrade ini bisa diartikan sebagai proses mengembalikan MIUI ke versi di bawahnya.

Misalnya ponsel Xiaomi Anda saat ini menggunakan MIUI 11. Namun ternyata penggunaannya terasa tidak nyaman dan kurang cocok. Anda bisa mengembalikan ponsel agar menggunakan MIUI 10 atau yang lebih rendah.

Perlu diketahui bahwa cara downgrade MIUI saat ini tidak bisa dilakukan pada ROM versi ARB 4 (Anti-Rollback). Oleh karena itu, Anda perlu mengecek versi ARB yang terdapat pada ROM MIUI sudah sesuai atau belum.

Hal ini penting dilakukan karena jika proses downgrade dipaksakan akan berakibat fatal. Ponsel Xiaomi yang di downgrade paksa berpotensi mengalami bootloop. Jadi, pastikan Anda mengambil keputusan untuk downgrade secara bijak ya.

Cara Downgrade MIUI 11 ke MIUI 9

Cara ini bisa dilakukan dengan mudah untuk Anda pengguna Redmi 5A. Metode ini bisa dicoba jika pengguna merasa kurang cocok ketika menggunakan MIUI 11. Tutorial berikut ini bisa diikuti bagi yang ingin custom ROM dan menurunkan versi Android Redmi 5A dari MIUI 11 ke MIUI 9.

Sejak Xiaomi merilis interface MIUI 11, banyak pengguna smartphone Xiaomi yang merasa penasaran terhadap tampilannya. Termasuk pengguna Redmi 5A, namun tidak sedikit yang mengeluhkan kekurangannya.

Sebagian pengguna merasa MIUI di Redmi 5A membuat ponsel nge-lag, agak boros, dan sebagainya. Selain itu, beberapa update OTA juga dirasa belum maksimal untuk pengguna Redmi 5A. Oleh karena itu, tidak sedikit yang ingin melakukan downgrade dari versi MIUI 11 ke MIUI 9.

Tidak hanya itu, banyak juga yang sekalian melakukan custom ROM. Mengingat hampir semua custom ROM di Redmi 5A harus menggunakan interface MIUI 9 Android Nougat. Metode yang paling pas untuk melakukan downgrade ini adalah menggunakan tools TWRP.

Proses downgrade ini tidak bisa melalui menu Updater meski terkadang berhasil. Mengapa demikian? Downgrade dengan Updater khusus untuk pengguna MIUI 10 Beta (uji coba) dengan Android Oreo. Sedangkan versi beta MIUI 10 tentunya tidak lebih baik dari MIUI versi stabil.

Oleh karena itu, cara termudah untuk downgrade MIUI 11 ke 9 tanpa PC adalah melalui TWRP. Bagaimana caranya? Ikutilah langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  • Downgrade yang dilakukan pada versi OS yang berbeda berpotensi besar menghilangkan data. Untuk berjaga-jaga, Anda bisa melakukan back up data terlebih dahulu, baik ke SD Card maupun PC. Terlebih bagi yang sudah terpasang TWRP sebelumnya.
  • Download TWRP versi Nougat Redmi 5A.
  • Siapkan stock ROM Recovery Redmi 5A MIUI 9 Android 7.1 Nougat.
  • Setelah kedua bahan utama tersebut didownload, extract terlebih dahulu file TWRP Nougat Redmi 5A.
  • Ubah nama file img agar lebih mudah menemukan file tersebut.
  • Pindahkan file zip, stock ROM, dan TWRP ke kartu memori. Jika Anda tidak ingin memindahkannya sebenarnya tidak masalah, hanya saja file ini nantinya akan terhapus setelah digunakan.
  • Masuk ke TWRP melalui menu Updater atau bisa juga dengan menekan tombol Power dan Volume atas bersamaan.
  • Pada TWRP, pilih Wipe – Swipe to Wipe.
Baca Juga:  Cara Cek Garansi iPhone dengan IMEI (Asli, Distributor, atau Palsu)

Pada-TWRP-pilih-Wipe-Swipe-to-Wipe

  • Kemudian tap Install dan cari file stock ROM Redmi 5A Nougat yang sudah diunduh.
  • Pilih Swipe to confirm flash.
  • Tunggu sampai proses instalasi ROM selesai.
  • Pilih Install kembali.
  • Pada bagian bawah, pilih Install Image.

Pada-bagian-bawah-pilih-Install-Image

  • Cari dan pilih TWRP .img yang sudah diubah nama filenya di atas.
  • Selanjutnya, pilih Recovery lalu Swipe to flash.
  • Pilih Install lalu Install Noverty.zip.
  • Langkah selanjutnya pilih opsi Wipe – Format Data.
  • Konfirmasi untuk melakukan format internal dengan pilih
  • Reboot system di ponsel Anda.
  • Selesai.

Proses downgrade tanpa PC pada dasarnya memang bisa dilakukan. Seperti metode di atas, Anda bisa menggunakan TWRP untuk menurunkan versi MIUI. Namun, pastikan stock ROM yang digunakan sudah sesuai dengan tipe ponsel.

Cara Downgrade MIUI 10 ke MIUI 9

Pada awal kemunculannya, MIUI versi stabil global memang membuat banyak pengguna Xiaomi penasaran. Tidak sedikit yang langsung melakukan update pada perangkat yang digunakan. Namun, terkadang ada yang merasa kurang cocok dengan versi MIUI 10 dengan berbagai alasan.

Alhasil, banyak yang mencari cara downgrade MIUI 10 ke MIUI 9 yang merupakan versi di bawahnya. Proses downgrade ini tak lain agar segala aktivitas pada ponsel kembali nyaman. Metode yang banyak dilakukan untuk downgrade ini adalah dengan melakukan flash ulang.

Seperti pada ponsel pada umumnya, proses flash ulang harus menggunakan tools yang sesuai. Selain itu, pengguna sebaiknya melakukan backup data terlebih dahulu. Terlebih jika terdapat file penting di ponsel. Perangkat akan dibuat bersih layaknya melakukan reset ke pengaturan pabrik.

Jika Anda ingin mengembalikan versi MIUI 10 ke MIUI 9, caranya sama saja dengan melakukan upgrade. Hal ini karena sama-sama berhubungan dengan proses perbaharuan interface pada ponsel. Terdapat dua cara yang bisa dicoba, yaitu menggunakan Updater dan Fastboot.

Cara Updater menggunakan file .zip memang dirasa lebih memungkinkan tanpa PC. Sedangkan cara Fastboot memang lebih minim masalah, namun prosesnya lebih beresiko. Oleh karena itu, Anda bisa mempertimbangkan agar memilih metode yang paling sesuai.

Tutorial kali ini akan dijelaskan langkah downgrade MIUI 10 ke 9 tanpa PC melalui Updater. Seperti metode downgrade sebelumnya, bahan-bahan yang perlu disiapkan harus sesuai. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Unduh versi MIUI ROM 9 dengan format .zip. Anda bisa mendapatkannya di laman resmi Xiaomi, pilih file yang sesuai dengan perangkat yang digunakan. Jika memilih file yang salah, ponsel bisa mengalami error saat proses downgrade.

Unduh-versi-MIUI-ROM-9-dengan-format-zip

  • Setelah berhasil didownload, pindahkan file MIUI .zip ke folder “Downloaded ROM” di memori internal.
  • Buka aplikasi Updater default dari Xiaomi.
  • Klik tanda titik tiga yang berada di bagian kanan atas.
  • Setelah itu, pilih menu Choose update package.

Setelah-itu-pilih-menu-Choose-update-package

  • Cari dan pilih file MIUI ROM yang sudah dipindahkan ke folder tadi.
  • Tunggu sampai proses ini selesai dan perangkat Anda akan melakukan reboot secara otomatis.
Baca Juga:  Codashop ML Axis

Metode ini termasuk yang cukup mudah dilakukan, bahkan untuk pemula sekalipun. Namun kekurangannya adalah munculnya bug secara tiba-tiba di beberapa kesempatan.

Hal ini pada dasarnya tidak selalu terjadi dan tergantung dari tipe ponsel Xiaomi yang digunakan.Oleh karena itu, disarankan untuk membersihkan file cache dan data setelah melakukan flash ulang.

Cara Downgrade MIUI 9 ke MIUI 8

MIUI 9 versi global memang sudah dirilis sejak 2017 lalu. Namun selalu ada pengguna yang tidak menyukai versi ini dan ingin mengembalikannya ke versi 8. Jika Anda salah satu yang menginginkannya, maka tutorial cara downgrade MIUI 9 ke MIUI 8 di bawah ini akan membantu.

Solusi untuk mengembalikan MIUI 9 ke MIUI 8 yang paling efektif adalah melakukan flash ulang. Namun jangan lupa mencadangkan semua data penting yang berpotensi hilang. Perlu diketahui resiko kehilangan data saat flash ulang memang cukup besar.

Oleh karena itu, pastikan Anda sudah memiliki salinan data pada internal storage ponsel Xiaomi. Pada dasarnya, proses downgrade MIUI sama saja ketika melakukan upgrade MIUI. Terdapat dua cara yang bisa dilakukan, pilihlah cara yang dirasa efektif dan mudah dilakukan.

Metode tersebut ialah melalui Updater dan Fastboot. Cara flash ROM menggunakan Updater file .zip banyak dipilih karena bisa dilakukan tanpa PC/laptop.

Sementara itu, metode fastboot lebih minim masalah atau bug yang muncul. Namun Anda harus siap dengan langkah-langkah yang lebih panjang dan rumit. Untuk lebih jelasnya, simak metode downgrade MIUI 9 ke 8 berikut ini.

1. Menggunakan Updater

Proses flashing menggunakan System Update dan Recovery Update mengharuskan pengguna menyiapkan Recovery ROM. Perlu diingat bahwa ROM ini hanya akan mengupdate jika ponsel tidak mengalami kendala. Namun tidak usah khawatir, data yang tersimpan tidak akan hilang.

  • Langkah pertama, download ROM Recovery MIUI 8 yang berekstensi .zip di situs resmi Xiaomi.
  • Pastikan ROM Xiaomi yang diunduh sudah sesuai dengan tipe ponsel Xiaomi yang dimiliki. Kesalahan penggunaan file ROM berpotensi membuat ponsel bootloop, maka pilihlah dengan seksama.
  • Setelah selesai didownload, pindahkan file ROM Recovery MIUI ke penyimpanan internal di smartphone.
  • Buka aplikasi Updater bawaan dari ponsel Xiaomi.
  • Tap tanda titik tiga yang berada di sebelah kanan, lalu pilih Choose update package.
  • Langkah selanjutnya, cari file ROM Recovery .zip yang dipindah ke folder memori internal.

Langkah-selanjutnya-cari-file-ROM-Recovery-zip-yang-dipindah-ke-folder-memori-internal

  • Tekan OK.
  • Setelah itu, akan muncul peringatan Erase Data.
  • Lanjutkan dengan tap Erase and Update.
  • Tunggu sampai proses update ROM Xiaomi berjalan.
  • Proses flash ulang akan segera dimulai, tunggu sampai selesai.
  • Jika sudah selesai, ponsel akan melakukan reboot atau restart dengan sendirinya.

Jika setelah menyala ponsel Anda langsung muncul Home Screen, berarti proses downgrade MIUI 9 ke 8 sudah berhasil. Apabila cara melalui updater ini gagal, Anda bisa mencoba metode Recovery Mode di bawah ini.

2. Menggunakan Recovery Mode

Proses flash ulang dengan recovery mode bisa menjadi pilihan untuk downgrade MIUI. Metode ini bisa dilakukan jika cara Updater tidak berhasil. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan agar tools yang digunakan benar-benar sesuai. Berikut langkah-langkah mudahnya.

  • Sebelumnya, Anda harus mengubah nama file ROM recovery yang sudah didownload menjadi “zip”.
  • Setelah itu, pindahkan file tersebut ke SD Card.
  • Cari dan buka aplikasi Updater bawaan dari Xiaomi.
  • Pilih ikon titik tiga di bagian kanan atas, lalu tap Reboot to Recovery Mode.
Baca Juga:  3 Cara Registrasi Telkomsel dan XL Online, Lewat SMS, Website

Pilih-ikon-titik-tiga-di-bagian-kanan-atas-lalu-tap-Reboot-to-Recovery-Mode

  • Ponsel akan melakukan reboot secara otomatis dan masuk ke Recovery Mode.
  • Pada menu Recovery Mode, tap Install update.zip to System.
  • Konfirmasi dengan pilih Yes.
  • Tunggu sampai proses flashing ROM selesai.
  • Jika flashing berhasil, Reboot ponsel Anda.

Pastikan tipe ROM sama ketika Anda melakukan downgrade maupun upgrade melalui Recovery Update dan System Update. Contohnya saat update ROM stable ke ROM stable dan ROM developer ke ROM developer. Proses update tersebut bisa dilakukan tanpa harus unlock bootloader.

Apabila ROM yang digunakan tidak satu tipe, proses downgrade atau custom ROM bisa memunculkan error. Tak jarang hal ini akan berakibat pada kerusakan sistem, misalnya bootloop. Oleh karena itu, Anda harus memilih file ROM yang sesuai di website Xiaomi.

Cara Downgrade MIUI 9 ke MIUI 7

Mungkin Anda saat ini salah satu pengguna Xiaomi yang merasa tidak cocok dengan MIUI 9. Interface ini memang bisa ditemui salah satunya di Redmi Note 2. Pada dasarnya, MIUI tipe ini memang memberikan banyak fitur menarik. Namun nyatanya masih terdapat kekurangan.

Menurut beberapa pengguna MIUI 9 cenderung boros baterai. Tak heran jika mereka memutuskan untuk kembali ke MIUI 7. Oleh karena itu, Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menurunkan versi MIUI.

Perlu diketahui proses downgrade ini mengharuskan pengguna melakukan reset pabrik terlebih dahulu. Jadi, semua aplikasi dan data yang ada di ponsel akan hilang. Oleh karena itu, sebaiknya backup semua kontak dan file lainnya ke SD card atau laptop.

Cara yang akan dijelaskan di bawah ini juga bisa dicoba untuk mengatasi bootloop dan mengubah versi MIUI China ke MIUI global. Bagaimana caranya? Daripada penasaran, ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  • Download file ROM MIUI 7 terlebih dahulu di website Xiaomi.
  • Selanjutnya, ubah nama file tersebut menjadi “zip”.
  • Masuk ke mode Mi Recovery, lalu pilih Setelan.
  • Pilih Tentang Ponsel, lalu tap Pembaruan Sistem.
  • Tap ikon titik tiga di bagian kanan, lalu pilih Mulai Ulang ke Mode Pemulihan. Cara lainnya adalah dengan menekan tombol Power dan volume atas bersamaan untuk masuk ke Mi Recovery mode.
  • Setelah masuk ke Mi Recovery, pilih English.
  • Pilih Wipe & Reset.
  • Setelah itu, WIPE Cache lalu Yes.

Setelah-itu-WIPE-Cache-lalu-Yes

  • Tekan Back.
  • Lakukan perintah yang sama dengan pilih Wipe User Data, tekan Yes, lalu Back.
  • Pilih Install update.zip to system, lalu klik Yes.

Pilih-Install-update-zip-to-system-lalu-klik-Yes

  • Tunggu sampai proses instalasi ROM selesai.
  • Jika update sudah menunjukkan tampilan complete, pilih Reboot lalu Reboot to System.
  • Tunggu sampai proses booting selesai dan ponsel menampilkan layar homescreen.

Jika selesai booting homescreen langsung muncul, artinya proses downgrade berhasil dilakukan. Namun terkadang ditemui kendala lainnya.Apabila terdapat kendala jaringan 4G tidak muncul, Anda bisa mengatasinya dengan mengubah lokasi. Misalnya ke Thailand, Malaysia, atau Indonesia.

Beberapa metode downgrade MIUI di atas bisa Anda coba untuk menurunkan versi MIUI. Terlebih jika pengguna tidak nyaman saat melakukan upgrade. Daripada performa ponsel jadi tidak maksimal, lebih baik menurunkan ke versi sebelumnya atau yang lebih rendah. Selamat mencoba!

 

Lihat Juga :

  1. 14 Cara Cek Saldo E-toll (Pake NFC dan Tanpa NFC) Mudah!

  2. 7 Cara Blokir Nomor HP (Samsung, iPhone, Vivo, Oppo, Xiaomi) Work

  3. 12 Aplikasi Edit Video Android Tanpa Watermark untuk Instagram (Gratis)

Mungkin Dibawah Ini yang Kamu Cari